• Senin, 18 Maret 2019 - 23:57:28 WITA
728 x 90



Sejarah Berdirinya Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali

Bali sebagai daerah tujuan wisata yang mengandalkan sektor jasa dan perdagangan sudah barang tentu merupakan daya tarik bagi para pendatang untuk mencoba mengadu nasib untuk mengais rejeki. Ibarat pepatah dimana ada gula disana ada semut seperti itulah pulau Bali sampai saat ini. Mudahnya orang mencari nafkah dan kurang tertibnya penerapan regulasi tentang penduduk pendatang (duktang) sehingga terlalu mudah untuk menjadi penduduk Provinsi Bali yang dibuktikan dengan KTP, sehingga menyebabkan Pulau Bali kian hari kian sesak. Kaum pendatang tidak hanya dari luar Bali (kaum migran) juga yang datang dari Desa ke Kota (Kaum urban). Keadaan lebih diperparah oleh kaum pendatang yang tidak mempunyai keahlian khusus (bukan tenaga kompeten).

Setiap tahun lulusan sekolah dari tingkat SD sampai dengan SLTA yang tidak melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dan tidak mempunyai skill/keahlian semakin meningkat sehingga rentan menjadi pengangguran/pencari kerja. Sedangkan pertumbuhan lapangan kerja tidak sebanding dengan pertumbuhan pencari kerja. Jumlah lulusan perguruan tinggi di jurusan/disiplin ilmu yang tidak sesuai dengan kebutuhan oleh perusahaan yang ada di Provinsi Bali. Jiwa wirausaha mandiri bagi pencari kerja penduduk Bali sangat rendah.

Di media elektronik, cetak dan event selalu tersedia lowongan pekerjaan, namun persyaratan terlalu sulit dan selalu menampung tenaga kerja yang sudah berpengalaman sedangkan pencari kerja yang banyak adalah dari lulusan pendidikan sedangkan pendidikan sudah ada program magang semestinya pihak perusahaan sudah mengakui namun kurang fasilitasi dari pihak pemerintah kepada perusahaan.

Dari uraian diatas dapat digambarkan bahwa faktor pendidikan dan juga faktor manusia sangat berpengaruh dalam meningkatnya jumlah pengangguran di Bali.

Sesuai Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor. 10 Tahun 2016, Tanggal 10 Nopember 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali menyelenggarakan unsur Pemerintah Bidang Ketenagakerjaan, Energi Sumber Daya Mineral dan Ketransmigrasian.

Sesuai Peraturan Gubernur Bali Nomor. 84 Tahun 2016 Tanggal 20 Desember 2016 tentang Kedududkan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali.

               

Sekapur Sirih

kepala-disnaker-prov-bali.jpg Sekapur Sirih Om Swastyastu, Puja Angayubagia tiada henti-hentinya kita haturkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat Pasuecan/Waranugraha Ida, website Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali (Disnakeresdm) aktif kembali setelah beberapa bulan terakhir...

Selengkapnya