Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI, Dalam Rangka Peninjauan ke PLTDG Pesanggaran

Kamis (Wraspati Keliwon, Merakih) Tanggal 21 September 2023, bertempat di Kantor PLN Indonesia Power Bali PGU.

Kadisnaker ESDM didampingi Kabid ESDM menghadiri acara Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI dalam rangka Peninjauan ke PLTDG Pesanggaran.

Acara dibuka oleh Ketua Tim Komisi VII, Bapak Sugeng Suparwoto. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Bali dirasa sebagai Provinsi yang terus concern terhadap Net Zero Emission (NZE). Kebijakan akselerasi energi bersih di Bali dapat meningkatkan citra pariwisata Bali dan menaikkan daya saing. Secara umum, saat ini Provinsi Bali sudah memiliki ketersediaan energi sebesar 1.542,88 Mega Watt (MW), dengan sekitar 200+200 MW berbasis energi gas. Berdasarkan data kajian Tim Peneliti ITB tahun 2022, potensi EBT tertinggi di Bali terdapat pada energi surya sebesar 10.000 MW, angin 1.000 MW, dan energi laut sebesar 320 MW. Diikuti dengan sumber energi bersih lainnya seperti biogas, biomassa, air, panas bumi, sampah, dan teknologi lainnya.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan terhadap mitra kerja Komisi VII DPR RI. Melalui kunjungan kerja ini diharapkan dapat mendukung Pemerintah dalam memberikan solusi khususnya di sektor pemenuhan energi bersih.

Turut hadir dalam acara ini Perwakilan Dirjen EBTKE, Kementerian ESDM RI, Direksi PT PLN (Persero), Dirut PLN Indonesia Power, Direktur PT Pelindo Energi Logistik.